A blog about FOOD, Travel, Friendship, and Life

Makan hewan-hewan dilindungi? NO WAY BANGET BROH!!

By Monday, December 02, 2013

Salam Moinmoin!

Kembali lagi bersama Masdit disini yu yu yow yow!

Buat yang ngikutin instagram moin pasti kemarin udah sempet liat pas Moin ngepost soal buku resep masakan Jerman dari tahun 1886. Heh? Apa? Ada yang nggak tau? Makanya jangan lupa buat follow instagram Moin lah ya! #anakinstagram #banget #instamood #instafashion #instatuut #pokoknya #banyak #hestek #lah #zaynmalik #lanjut

Buku itu Masdit temuin pas bantuin beresin buku-buku tua di gudang rumah bos Masdit kerja part-time. Waktu itu sore menjelang malam hari, di hari ketika matahari terlihat samar-samar dibalik awan. #azeek
SINGKAT CERITAAA....

Masdit gak sengaja nemuin buku itu bareng sama daftar menu-menu dari berbagai restoran jaman dulu. GILA!!! MASDIT SHOCK! Jadi bos Masdit sekarang, dia dulu kerja sebagai kolektor barang antik, salah satu hobinya adalah ngoleksi menu (menu collector). Cerita sedikit soal daftar menu beberapa restoran di Jerman awal 1900-an, bisanya mereka menyediakan makanan banquet bersama jenis Wine atau minuman lainnya, ditambah iringan lagu yang dimainkan sama orkestra hari itu. Azek ya? Kalo jaman sekarang mungkin kayak di acara kawinan gitu tapi ada menu-nya kali ya? (hayo siapa yang suka bawa amplop kosong ke kawinan buat numpang makan doang???!! Atau malah cuman buat numpang dengerin live music-nya aja di kawinan? *menarik juga*)
       
Kembali ke buku resepnya tadi, yak ini penampakannya :



Baca buku ini seneng sekaligus miris brohsis. Di satu sisi seneng banget bisa tau gimana bentak-bentuk masakan tradisional Jerman jaman dulu, meskipun di sampul buku diatas bahas soal Pilze (Jamur), tapi isinya juga ada beberapa resep soal Schnitzel dan masakan  daging-dagingan lainnya. Nah mirisnya, karena MASDIT GAK BISA BACA TULISANNYA!!! Ibaratnya kayak kalian baca bahasa Indonesia tahun 1800-an mungkin belum se EYD sekarang, nah ini bahasa Jerman pulak :



Cing cong cang tse cang ceu ceu kumaha damang ceu?

Untungnya bos Masdit berbaik hati mau ngejelasin. Dari sana, Masdit tau kalau ternyata di Jerman dulu ternyata banyak tumbuh Truffle tapi karena perubahan iklim dan konsumsi secara massive selama beberapa dekade terakhir membuat populasi truffle di Jerman terus berkurang dan bergeser ke bagian selatan ; Perancis dan Italia misalnya. Ada juga beberapa macam ayam liar yang karena keseringan dipakai di berbagai macam masakan pada tahun 1900-an sekarang dianggap sudah punah/ termasuk hewan dilindungi.

Bayangin kalo ayam kaepci dilindungi....... Harus lari kemana kalo mau dada ayam crispy?????? *peluk 1 bucket ayam kaepci isi 9*

Bukan gak mungkin kalau kita terus mengkonsumsi secara liar hewan-hewan atau tanaman yang sudah mulai langka sekarang ini, beberapa dekade kedepan hewan tersebut akan punah dari bumi ketika tercinta ini.

Misalnya aja di Jepang, masih banyak perburuan liar buat blue fin tuna buat sushi, atau juga ikan paus yang dalihnya, perburuan paus itu ditujukan buat penelitian, dan setelah ratusan paus dibunuh, hasilnya nol besar, yang ada dagingnya malah dijadiin makanan kalengan, sedih kan?

Source: 4.bp.blogspot.com

Di Indonesia sendiri yang marak itu perburuan penyu,walaupun kebanyakan penyu merupakan hewan yang dilindungi, tapi tetep aja banyak orang yang penasaran makan hewan ini. #ngelusdada.
Source: farm9.staticflickr.com

Alasannya  meningkatkan vitalitas buat yang sering capek atau buat obat-obatan...ckckckck. (Mbaven nambahin ah : kalo mau tingkatin vitalitas,makan tempe aja! Serius!) Masdit sendiri pernah diajak buat makan makanan ini, di daerah Glodok, nama makananya Pi Oh, pas kesana cuma bisa ngelus dada lagi... Mendingan makan bebek panggang saus tauco! 

Ini ada list beberapa hewan yang meskipun masuk dalam kategori dilindungi tapi tetep masih banyak dikonsumsi : (sebarkan!)

Nah demi kebaikan anak cucu kita nanti dan masa depan bumi yang lebih baik, mulai sekarang jangan makan "sembarangan" ya!

Sayangi badanmu, sayangi juga lingkunganmu. :)

You Might Also Like

3 comments

  1. Aaah, baru pernah denger doang soal truffle, belum pernah liat aslinya :(

    ReplyDelete
  2. liatnya di google aja yaa kalo sekarang :')

    ReplyDelete

Do you have anything to share? Write the comment down below :)