A blog about FOOD, Travel, Friendship, and Life

PANKO? APA ITU PANKO?

By Saturday, December 14, 2013 , , , , , , , , ,

Salam Moinmoin!!

Mungkin beberapa dari temen-temen ada yang belum familiar sama perbedaan tepung-tepungan, terutama tepung yang terbuat dari remah roti. Kali ini Moin mau cerita sedikit tentang perbedaan tepung panko dan tepung panir/roti biasa.

Biasanya, tepung berbahan dasar roti ini, dipake sebagian lapisan luar (batter). Ada juga yang nambahin buat memperkaya tekstur alias ada krenyes-krenyesnya. Sebagai bahan masakan kali ini Moin memakai tepung panko. Sebenernya Moin udah lama pingin beli tepung panko karena merasa kurang puas dengan tepung panir yang biasanya. Buat yang belum tau apa itu tepung panko, panko itu bahasa Jepang yang artinya "remah roti". Nah bedanya tepung panko itu "lebih ringan" kalo dipakai buat bikin gorengan, dibanding dengan tepung panir/roti yang biasanya.


Nah mungkin di negara Asia kebanyakan, termasuk di Indonesia, dimana kalo kita makan biasanya temperatur makanan seusai dengan suhu ruangan, misalnya aja kayak di warteg, paling nasinya aja yang anget kan? #anakwarteg #HIDUPWARTEG!!!
*ah jadi inget masa indah SMA dulu, kalo cabut sekolah sebelum jalan-jalan ke Kelapa Gading makan di warteg dulu soalnya murah hahaha (jangan ditiru ya adek-adek)*


Sama juga dengan di Jepang, dimana orang-orangnya juga suka makan beberapa jenis makanan sesuai dengan suhu ruangan. Maka tepung panko ini pas banget buat bikin gorengan semacam tempura, tonkatsu atau buat toppping makanan lainnya karena walau udah gak hangat lagi makanannya, makanan dengan tepung panko ini tetep crispy, airy dan gak lembek. Misalnya waktu kalian makan chicken cordon bleu yang menggunakan tepung panir biasa udah dingin, biasanya jadi nggak crispy lagi kan? Hal ini gak terjadi di tepung panko, karena tepung panko menyerap minyak lebih sedikit dibandingkan tepung roti pada umumnya.


Penampakan tepung panko.

Nah di resep kali ini Moin mau menggunakan tepung panko sebagai topping dari spaghetti! Kalian boleh juga bereksperimen dengan masakan-masakan lainnya pake tepung panko ini. Oiya, di resep spaghetti kali ini masdit pakai kerang hijau, bahasa Jermannya : Miesmuscheln. Ceritanya lagi diskon, 1 kg (berat brutto sama cangkang) harganya : 2,99 €. #akucintadiskon

Langsung aja kita bikin!

Bahan-bahannya:
  1. Spaghetti 200 gram
  2. Bawang putih 4 siung, bawang merah 3 siung. Kupas dan iris tipis
  3. Kerang Hijau 400 gram (berat dengan cangkang)
  4. Cabai merah 1 buah, iris tipis
  5. Thyme kering sekitar 2 sendok teh
  6. Tepung Panko 100 gram
  7. Garam dan lada secukupnya
  8. Minyak goreng/olive oil untuk menumis
Cara membuatnya :
  1. Panaskan wajan ukuran sedang lalu masukkan minyak secukupnya. Masukkan sebagian cacahan bawang putih lalu thyme, tumis sebentar dan jaga jangan sampai berwarna coklat. Setelah harum masukkan tepung panko, tumis hingga berwarna kecoklatan, masukkan garam dan lada secukupnya, jangan lupa di icip-icip, lalu tiriskan di piring dengan tisu dapur diatasnya.
  2. Panaskan air di Panci, beri 1 sendok teh garam, masak 200 gram spaghetti sesuai petunjuk di bungkus spaghetti.
  3. Panaskan wajan, beri sedikit minyak goreng/olive oil masukkan secara berurutan, bawang merah dan cabai, tumis hingga harum, lalu bawang putih, kemudian kerang hijau, tumis sebentar, lalu tutup wajan dan tunggu sampai kerang matang. Kalian bakalan tau kerang itu udah cukup matang/ belum kalau cangkang mereka udah terbuka dan warnya berubah orange. Kecilkan api.
  4. Angkat dan tiriskan pasta lalu masukkan ke dalam wajan berisi kerang hijau, aduk rata, tambahkan 1 sdt thyme lagi lalu  lada dan garam secukupnya. Jangan lupa di cobain dulu udah pas belum ya bumbunya, kalian pas-in sesuai selera kalo menurut kalian masih kurang asin/ kurang lada.
  5. Matikkan api, angkat, langsung sajikan di piring dengan topping tepung panko tadi selagi masih angetttttt! Nyam~~
Tadaaa! Jadi juga! 

Paling enak dan pas emang buat makan malem ber-2 sama gebetan, atau surprise pas lagi nonton DVD dirumah pacar. Siapa tau kamu juga bisa bikinin buat adek/kakak/mama-papanya dan di cap sebagai calon pacar yang berkualitas tinggi. AJE GILE nggak tuh? Selamat mencoba! 

Karena semua orang bisa masak and, 
You'll always have a good time with food! 

Salam moin-moin! :-D

- Masdit


You Might Also Like

3 comments

  1. kenapa ya setiap abis baca resep-resep di moinblog langsung pengen pergi ke supermarket, pengen cepet-cepet nyoba, abis simple-simple semuah sih. tapi sejauh ini baru nyoba roti kodok sih, hehehee :D

    ReplyDelete
  2. Asik asiikk.. Ayo coba masak masak lagi yuuukkkk :D

    ReplyDelete
  3. Hindari makan-makanan instan di supermarket. Meskipun makanan tersebut instan, namun tidak memiliki banyak nutrisi.

    Jika Anda ingin makan diluar pun harus berhati-hati sebab banyak yang menjual Tray Makanan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Seperti styrofoam, plastik, dll.

    ReplyDelete

Do you have anything to share? Write the comment down below :)