A blog about FOOD, Travel, Friendship, and Life

Festival Jajanan Bango

By Tuesday, May 20, 2014 , , , , ,

festival jajanan bango 2014

3 Mei 2014!

Senangnya Moin dapat kesempatan buat mampir dan ngerasain serunya Festival Jajanan Bango tahun ini. Tahun 2014 ini udah jadi tahun ke-8 buat acara Festival Jajanan Bango. Sebelumnya, beberapa kali Moin pernah mampir ke FJBango sebelum-belumnya, tapi belum pernah menelusuri lebih dalam kayak tahun ini.

odong-odong bango

Di Parkir Timur Senayan lah tempat acara FJBango berlangsung. Instead of shuttle bus, they provided shuttle odong-odong lucu kayak gini. Tadinya Moin mau iseng coba, tapi keburu penuh hehe.

kapal legenda nusantara

Saat berada di pintu masuk, pengunjung disambut kapal bertuliskan Legenda Nusantara dan juga kecap bango raksasa di sampong kapalnya. Liat juga deh foto Moin di instagram. Mau ngecapin berapa mangkok soto betawi, soto ayam, bubur ayam?? Sebut ajaaa, sebuuuut!!


festival jajanan bango 2014

Begitu masuk, begini penampakan kapal Legenda Nusantara. Spot foto-foto banget! Dan nggak, kapalnya nggak bisa kamu minta buat anterin pulang. *woosh.. bunyi angin*

festival jajanan bango 2014
Ada juga spot foto kayak gini. Kalo diliat-liat, seakan-akan kayak lagi ada di ladang kedelai beneran ya! Buat properti fotonya, selain topi pak tani, juga ada cangkul lho. Berasa jadi petani kedelai beneran. Seru!

festival jajanan bango 2014
Nah, di balik tirai abis dari kapal Legenda Nusantara tadi, ada banyak hal menarik yang bisa pengunjung nikmatin. Kayak ini nih, pengunjung bisa belajar gimana proses pembuatan kecap dari awal hingga akhirnya jadi kecap Bango yang kita konsumsi.

kecap bango

kedelai hitam malaka


kecap bango

Dari sini, Moin jadi belajar dan ngerti kalo produksi kecap Bango emang pake kedelai yang berkualitas. Nggak heran lah, rasanya juga paling pas. :D

Okay!! Sekarang saatnya kita masuk ke main area! Tempat dimana makanan-makanan itu berada! Siapin perut!!! :9

festival jajanan bango 2014

Festival Jajanan Bango kali ini punya tema “Ekspedisi Warisan Kuliner Barat ke Timur Nusantara”. Yang Moin foto ini, di bagian di tengah jalan, dimana di kanan-kiri jalan ini udah terbagi-bagi ada makanan wilayah Timur, Barat, Tengah, bagian minuman, dessert dan juga ada main stage! Acara Festival Jajanan Bango tahun ini bisa dibilang lengkap dan penuh interaksi. Dari makanan yang seru (pastinya), sampe banyak spot foto, penukaran kupon dengan sample Bango, demo masak, pengetahuan tentang pembuatan kecap dan juga dekorasi yang niat! Overall, Moin sangat menikmati waktu Moin disana, dan mungkin buat temen-temen yang tinggal di Jakarta tapi nggak mampir, nyesel juga sih. :P

festival jajanan bango 2014

festival jajanan bango 2014

festival jajanan bango 2014

festival jajanan bango 2014
Sate Jamur!

sate jamur

Yang namanya festival makanan, udah jadi hal yang krusial kalo udah berhubungan sama kebersihan. Menurut Moin juga, biarpun kanan kiri depan belakang makanan semua, kebersihan di acara Festival Jajanan Bango ini termasuk terjaga kebersihannya. Wastafel mudah ditemukan, trashbag juga banyak. Jadi nggak usah takut makan dengan tangan kotor. :)

festival jajanan bango 2014

Dan sekarang, Moin bakal share dua makanan favorit Moin di Festival Jajanan Bango kemarin!!
sop duren

Sop duren!! Ini makanan terakhir yang Moin beli di Festival Jajanan Bango, tapi bakal Moin ceritain duluan. Satu buah potongan duren super manis dan enak, pake kuah susu kental manis putih dan gula  udah berhasil bikin Moin cengar-cengir keenakan. Bahagiaku cukup keluarin 12 ribu rupiah aja. :"D

Selanjutnya, the one and only >>> Sate Bangka!

sate bangka

Moin pikir, Sate Bangka ini bakalan sama aja kayak sate lainnya. Jujur, ini pertama kalinya Moin makan Sate Bangka, dan... KETAGIHAN! Rasa satenya meresap banget, kalo contekan dari ibu penjualnya, proses pembuatan Sate Bangka ini menggunakan banyak rempah-rempah buat bahan marinate daging ayamnya. No wonder rasanya rich banget. Udah gitu, kuah satenya nggak encer dan asal-asalan. Kuah satenya pure dari kacang tanah dan nggak kebanyakan air.

sate bangka

Yang spesialnya lagi, ternyata nggak gampang buat kita untuk bisa nyobain Sate Bangka. Karena menurut si ibu penjual, Sate Bangka ini nggak dijual bebas. Hanya bisa dicoba saat ada acara tertentu, atau harus pesen dulu. Wuah, Moin merasa spesial sekali udah bisa coba Sate Bangka ini!

Bonus foto :
Trashion - Trash Fashion, payung yang terbuat dari bungkus sabun cuci piring.


Cutest toilet I've ever seen!!
cute toilet 

Buat temen-temen #sepermoinan yang penasaran pengen ngerasain Festival Jajanan Bango, masih bisa kok! Untuk tahun 2014 ini, Festival Jajanan Bango bakal ada di Makassar, 24 Mei 2014, tepatnya di Fort Rotterdam. Dan tanggal 7 Juni 2014 di Lapangan Benteng, Medan. Jangan sampe ketinggalan lagi!!!!

Buat yang punya acara tentang makanan, atau restoran yang pengen Moin liput, just drop us email to moinmoin110(at)gmail(dot)com! I'll see you soon! Salam Moinmoin! :D

You Might Also Like

2 comments

  1. Dari tahun ke tahun ga pernah ikutan Festival Jajan Bango :( pingiiin banget padahal

    ReplyDelete

Do you have anything to share? Write the comment down below :)