A blog about FOOD, Travel, Friendship, and Life

Kue Cubit Merah Putih

By Sunday, August 17, 2014 , , , , ,


Salam Moinmoin!

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE-69!! Semoga Indonesia makin baik, aman dan sejahtera. Kekayaan kulinernya juga tetap terjaga. AMIINN!! Siapa yang 17-an kemarin ikut lomba? Moin juga ikut lomba dong.. Tahun lalu aja Moin juara Olimpiade Makan Kerupuk. Tahun ini nggak mau kalah doong.. :P



Selain ikutan lomba makan kerupuk, Moin mau ajak temen-temen sedikit nostalgia sama salah satu jajanan SD kesukaan Moin: KUE CUBIT.

Di umur Moin yang , ehm, nggak terlalu abege-abege amat, Moin suka kangen sama kue cubit. APALAGI YANG SETENGAH MATENG!! ITU MAKANAN DARI SURGA YAA, KENAPA ENAK BANGEEET???!! Huh hah.. Sebagai Duta Kue Cubit Setengah Mateng, Moin nggak santai nih kalo ngomongin dia. Yang anehnya, kenapa rasa kue cubit setengah mateng di restoran-restoran sama yang di abang-abang suka beda banget ya? Tetep, yang di abang-abang yang paling enak.

Belajar dari skill abang-abang, Moin mencoba belajar jadi abang-abang. Eh, maksudnya belajar bikin kue cubit setengah mateng ala rumahan. Kebetulan, Moin punya cetakan poffertjes di rumah. Jadinya kita manfaatin aja deh. :D

BAHAN-BAHAN YANG DIBUTUHKAN :

240 gram Tepung terigu serba guna
200 gram Gula pasir
125 gram Mentega, lelehkan
4 butir Telur
Setengah cangkir Susu putih
Meses warna warni
Chocochips untuk taburan
1/2 sdt Baking powder
1/2 sdt Soda kue
1 sdt Ekstrak vanili
Pewarna makanan merah

CARA MEMBUAT :
  1. Campur telur dengan gula, menggunakan mixer, sampai mereka tercampur dan mengental.
  2. Masukkan tepung terigu yang sudah dicampur baking powder dan soda kue.
  3. Masukkan mentega cair, aduk rata.
  4. Masukkan susu cair, aduk rata.
  5. Masukkan ekstrak vanilli, aduk rata.
  6. Bagi adonan di 2 wadah berbeda. Berikan pewarna makanan merah di salah satu wadahnya.
  7. Hangatkan cetakan poffertjes, beri mentega.
  8. Taruh adonan ke dalamnya, kira-kira setengah lingkaran. 
  9. Kalau mau setengah matang, bisa diambil saat gelembung-gelembung muncul.
  10. Angkat, lalu taburkan meses, atau choco chips.
  11. Kalau mau matang, bisa langsung kasih meses atau taburan lainnya dan tutup dengan tutup panci.
Dalam rangka 17-an kemarin, Moin bikin video seru-seruan bikin kue cubit merah-putih bareng anak-anak Indovidgram! ASLI. RUSUH. Buat yang mau nonton, Moin saranin kalo pake headset, volume kecilin deh. Apalagi ada suara @ardinhai, wah udah deh, kuping kamu bakal demo nggak mau jadi kuping lagi. Ada juga @christianbong alias Pak Sumarno yang sangat cinta dengan Indonesia. Penasaran kayak apa videonya? Langsung aja :



Masak kue cubit nggak perlu skill yang gimana-gimana. Yang penting serunya dapet, biar belepotan nggak apa-apa hehe. Terima kasih juga buat @chandraliow yang udah jadi host Moinblog di video ini. Semoga kejadian ini tidak terulang lagi. :P


Mayonaise warna merah??


Mateng yah, anak-anakkuuh..

Kue Cubit Merah-Putih ala INDOVIDGRAM

Makasi juga buat @benakribo yang udah bantu rekam dan edit videonya. Nggak lupa, temen-temen Indovidgram yang seru-seru banget! Cek video-video mereka disini : @davidbeatt, @alifpatterson, @garciandyyy, @dhinoharyoo, @sonalibaba. THANK YOU!!




Karena semua orang bisa masak, and you'll always have good time with food! Salam Moinmoin!!

Photo by : Chandra Liow
Filmed by : Benakribo & Chandra Liow 
Video edited by : Vendryana & Benakribo
Belum Gajian t-shirt by : www.iwearbanana.com

You Might Also Like

4 comments

  1. Kue cubit. Ini rasanya kayak gimana moin? Kayak apem, kayak pukis, atau kayak rengginang? hehe penasaran pingin nyoba. :itwasntme

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa kayak rengginang? :))) Rasanya rasa surga-surga gimana gitu wakakak. Hmm mungkin terdekatya antara kayak pukis dengan tekstur agak bolu kali yaa hehe :D

      Delete
  2. Wihii asik banget pake stroberi \:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asssiiiiikkk.. Manis-manis asem gimana gituuuu :9

      Delete

Do you have anything to share? Write the comment down below :)