A blog about FOOD, Travel, Friendship, and Life

#STOPFOODWASTE , For Our Earth :)

By Sunday, October 26, 2014 , , , ,



Hai! Salam Moinmoin!


Sebelum mulai, aku mau cerita dulu kenapa aku pilih konsep makanan sisa buat cooking demo kemarin. (Udah baca postingan aku sebelumnya?) Jadi gini, aku punya nenek yang hobi masak. Aku panggil dia Uti. Resep yang aku buat terinspirasi dari Uti yang suka masak dalam jumlah banyaaaak buat anggota keluarganya. Terkadang, masih suka kebiasaan sampe sekarang, masak dalam jumlah banyak padahal yang makan sedikit. Akhirnya makanan tersebut mesti dihangatkan berkali-kali kan. Sehingga teksturnya udah beda, rasa juga udah beda dan warna juga beda.

Sekarang mari kita keluar dari rumah Uti. Sekarang kita lihat di dunia ini, dunia yang kita huni. Ada 7 milyar penduduk dunia, dimana 925 juta penduduk tersebut kelaparan. Dan, TIAP TAHUNNYA kita nih, penduduk dunia MEMBUANG 1.3 MILYAR TON MAKANAN SISA, dimana jumlah tersebut bisa buat kasih makan 3 MILYAR ORANG! It sounds crazy, right??!!



Kita seperti membuang makanan yang sebenarnya dibutuhkan banyak orang di luar sanaaaa.. It's breaking my heart.

Mau denger yang lebih ngagetin lagi?

14% dari emisi CO2 di dunia ini berasal dari food waste, alias makanan yang terbuang sia-sia. Mungkin ada yang bingung, ini nyambungnya kemanaa? Kok dari makanan bisa jadi global warming? Jadi gini, sisa-sisa makanan yang kita uang itu, nggak membusuk atau terurai dengan sendirinya. Mereka memproduksi gas METANA, gas yang memiliki potensi global warming atau climate change lebih tinggi dari CO2 sekalipun.


Rotten food produces methane in landfills. Methane is a greenhouse gas with a significant global warming potential, nearly 21 times that of carbon dioxide. By decreasing the amount of food waste that goes to landfills, we reduce the amount of methane produced. (http://corncorps.com/)


Jangan mengeluh kalau kita kepanasan terus, cuaca dan iklim nggak stabil, apa kamu sudah menjaga bumi ini??? :(

OKE AKU PANIK NIH MOIN. SO, WHAT SHOULD I DO?

Jangan panik dulu, we still have time to fix everything. Together. Start small, for BIG impact. Kita-kita yang food lover juga bisa bantu kurangin global warming kok ;)
  • Mulai dari diri sendiri dulu. STOP WASTING YOUR FOOD. Dimanapun. Aku pun juga masih sangat berusaha untuk terus mengurangi buang-buang makanan. Let's do it together, shall we? ;)
  • Kalau makan di luar : pesanlah makanan yang kamu yakin kamu pasti bisa habiskan. Jangan lapar mata! -- THIS IS MY PERSONAL PROBLEM!
  • Kalau kamu makan di luar : bawa teman-teman berperut ekstra untuk temenin kamu makan. Jadi kalau nggak abis, bisa langsung dioper ke perut mereka. Kayak di video ini :


  • Kalau kamu makan di luar : buat yang cewek terutama nih, jangan malu buat pesan setengah porsi aja. Terkadang ada yang menyediakan harga lebih murah (which means bisa irit), dan ada juga yang tetap samain harga kayak 1 porsi. It's okay, kita ngelakuin ini bukan hanya buat diri kita sendiri, tapi juga buat bumi kita kan? Oia, benefit lainnya, kita (cewek-cewek) jadi terhindar makan berlebihan, jadi bye bye perut gendut! :P
  • Kalau kamu masak : catat bahan-bahan yang mau kamu beli, sesuai dengan makanan yang mau kamu masak. Jangan belanja saat lagi laper, tapi saat lagi butuh.
  • Kalau kamu masak : utamakan masak bahan-bahan yang cepat busuk. Kayak sayuran misalnya. Untuk makanan kemasan, perhatikan juga tanggal kadaluarsa di kemasan.
  • Kalau kamu masak : manfaatkan makanan sisa. Karena sesungguhnya makanan tersebut pasti bisa kita utak atik lagi jadi sesuatu yang baru dan pastinya enak.
Masih banyak tips-tips lain yang mungkin bakal Moin coba bedah lagi nantinya.  Untuk sekarang, let's give a highlight to no. 7! Yup, Moin udah buktiin kalo dengan masak makanan sisa, kita bisa bikin sesuatu yang baru dan menarik!  Kayak apa kira-kira yaa? Langsung aja klik disini buat tau resep lengkapnyaa :D


Tuhan sudah memberikan kita kehidupan selama ini. Kita diberikan 1 bumi untuk kita tempati. Tempat kita hidup dan mendapatkan cerita yang berbeda setiap harinya. Nggak ada salahnya kita beri perhatian dan cinta untuk bumi kita, sebagai wujud rasa terima kasih dan rasa syukur atas segala kehidupan yang sudah diberi oleh-Nya. :)

Moin!





Sources :
1
2
3
4

You Might Also Like

0 comments

Do you have anything to share? Write the comment down below :)