A blog about FOOD, Travel, Friendship, and Life

MUKBANG ; EAT, RECORD, AND GET PAID?!!

By Monday, June 29, 2015 , , , ,

Moin!

Siapa disini yang pas buka puasa makannya bisa "liar" banget? Makan bisa banyak banget, dan semangat banget makannnya sampai lupa kanan-kiri :))



Ever wondered to make money just by eating your food? Terlebih lagi makan makanan kesukaan kamu tiap harinya. Di Korea, lagi menjamur tren MUKBANG. Mulai boomnya sih tahun 2014, dimana media mulai ngeliput sana-sini. Maybe some of you might heard about it, or maybe a fan of it. Dari awal aku tau tentang Mukbang, aku tau justru dari Masdit. Dia biar tinggal di Jerman, tapi update banget masalah gosip-gosip tanah air, JKT48, sampai dunia Korea, bener-bener kebalikan aku hahahaha. Gara-gara Masdit, aku jadi kepoin si Mukbang ini dan akhirnya malah gemes pengen ceritain disini. :D



WHAT IS MUKBANG?
Menurut Wikipedia, Muk-bang adalah eating broadcasting. Jadi menyiarkan diri kamu, saat lagi makan. Di Korea tren ini melahirkan banyak artis, mereka menyebutnya BJ (Broadcast Jockey) yang memfokuskan diri di Mukbang ini. Jangan anggap remeh acara ini, satu orang BJ bisa menghasilkan $9000 PER BULANNYA! Gilak. GILAAAK!

Ambil contohnya aja, salah seorang BJ yang biasa disebut The Diva ini, sampai keluar dari pekerjaan awalnya di consultant firm, dan akhirnya meniti karier menjadi BJ Mukbang. Gimana hal ini bisa terjadi yaa? Aku membagi menjadi dua kategori, yaitu dari sisi POSITIF dan NEGATIF.

NEGATIF-nya
Berawal dari kondisi sosial orang-orang di Korea Selatan yang individualis, cenderung sendirian terus, bikin acara Mukbang ini seakan-akan jadi "teman makan" sehari-hari. Sebenarnya bisa dibilang pathetic, masa sih sampe segitunya sampe untuk makan aja harus face-to-face dengan tokoh dunia maya? Apa segitu nggak bisa bersosialisasi dengan orang beneran, friends or family gitu? Mungkin makan-makan bareng sambil ketawa ketiwi udah jadi hal yang langka disana? :"(

POSITIF-nya
Apa yang udah dilakukan para BJ, membuat penonton tidak merasa sendiri (kalo diarahkan dari problem awal yaitu banyaknya orang kesepian yah). Bahkan ada yang merasa terhibur dengan "pertunjukan makan" yang bisa dibilang unik. Misalnya The Diva, wajahnya cantik, badan langsing singset, tapi makannya luar biasa banyak! Itu yang bikin orang-orang amazed. Ada lagi yang gara-gara nonton Mukbang, penyakit anorexianya jadi sembuh karena bawaannya jadi pengen makan. Ooooh i'm so agree with this point! Saat aku coba nonton, pas banget mungkin karena mereka set microphone, itu membuah suara segala makannya jadi makin jelas. Maksud suara disini, bener-bener semua : suara kunyahannya, seruputan mie, sampai kriukriuk makan ayam gorengnya. Dijamin bikin ngiler!! 

UPDATE 2015
Okay, ini ada video contoh Mukbang dari The Diva. Sebenarnya mereka ada platform khusus yang menayangkan acara makan-makan mereka. Di http://www.afreeca.com/, kabarnya The Diva udah pensiun dari Mukbang, karena tekanan lifestyle dari dunia Mukbang ini (nah lho!). Tapi kita masih bisa akses via Youtube, dan banyak orang-orang yang upload video The Diva ini. Ini yang aku temukan, di Youtube aku nemu akun dia, tapi nggak boleh di-embed. Jadi aku nemu video yang durasinya juga nggak lama-lama amat (ngiler bosh) :




Or, watch this. Salah seorang BJ yang walopun aku nggak ngerti dia ngomong apa, aku ketawa-ketawa liat videonya. He looked really happy with his food sampe teriak-teriak gitu hahaha.





Nah, sekarang tinggal dari kamu. Mau lihat Mukbang ini dari segi positif atau negatif. Nggak usah juga dicela "makan doang dapet duit banyak". Mereka pasti spent time and effort to achieve this position. Dibawa asik aja, siapa tau yaa di Indonesia juga ada yang model kayak Mukbang gini. Asal nggak lupain cara bersosialisasi langsung ke orang-orang terdekat yaaa. :D

Tonton juga yuk, video Mukbang-mukbangan ala teman-teman Moin. Ada @goizza, @benakribo sama @alifpatterson :D



Thanks for reading this article. Don't forget to mention @moinblog with hashtag #moinblog & #sepermoinan to show your food creation!

vendryana on moinblog

Sources :
1
2
3

You Might Also Like

3 comments

  1. Kalau saya tentu dari sisi positif!
    Menurut saya malah dengan mukbang ini adalah salah satu cara mereka promosiin makanan Korea. Jadi lebih luas untuk memperkenal pariwisata mereka juga. Soalnya siapa sih yang nggak ngiler pengen nyobain yang mereka makan? Walau kalau dari rasa mah belum tentu semua orang cocok sama makanan mereka :D

    ReplyDelete
  2. Tanya nih. Biar kya salah satu bj di korea itu kan ada yngacar real sound. Nah biar bisa bikin ssuara real soundnya gimana ya?

    ReplyDelete

Do you have anything to share? Write the comment down below :)