A blog about FOOD, Travel, Friendship, and Life

MY FAVORITE STEAK! Ft. Cutlets Meat (Online Meatshop)

By Thursday, August 06, 2015 , , , ,



Helluuu! Salam Moinmoin!

Call me meaty girl, because i love meat! Saking sukanya, aku suka sebel kalau makan daging tapi nggak sesuai ekspektasi. Disini aku bakal ngomongin lebih tentang steak yaa. Steak banyak yang harganya selangit, ada juga yang harganya terjangkau tapi kualitasnya bukan yang terbaik.


Banyak pula restoran yang jual dengan harga selangit tapi kualitasnya nggak ok. Sedih. :(

Rasanya lebih puas kalau masak sendiri. Sesuai ekspektasi dan bisa di-adjust maunya kayak gimana, jenis kematangannya gimana. Banyak yang mengira kalau makan atau masak steak tuh rasanya waaaahhh banget. Padahal bikin steak itu simple banget! Emang banyak treatment biar steaknya empuk. Kayak di-marinate dalam waktu lama, atau digebuk-gebuk. Ada cara mudah, gampang, simple, buat mengurangi step itu = buy good meat. Daging yang bagus nggak perlu banyak usaha buat bumbuinnya, buat marinate sama pengempuk daging, atau gebuk-gebukin daging sampe berotot. Dagingnya nggak empuk-empuk, kitanya yang berotot. :')


Di resep masakan kali ini, Mbaven nyobain daging wagyu dari Cutlets Meat, online meatshop pertama di Jakarta. Dari jenis daging sendiri, ada beberapa tingkatan. Semakin banyak marblenya, maka semakin bagus dan mahal daging tersebut.


Nah, untuk resep kali ini, Mbaven pake daging wagyu dengan level Marble 3. And here's how to cook them :
1. Aku marinate daging dengan garam, blackpepper, thyme dan sedikit olive oil. Nggak mau pake thyme juga nggak apa-apa. Diemin dagingnya, sampe kita siap masak aja. Hehe aku nggak set waktu sama sekali, karena dagingnya juga udah bagus, no need more time for that.
2. Panaskan pan sampai panaaaasss bgt, panasnya bener-bener panas ya, sampai berasap, masukan sedikit minyak dan letakkan daging.
3. You'll hear wonderful sizzling sound!
4. Diamkan selama kurang lebih 2-3 menit, tergantung kematangannya mau apa. Kalau medium rare, 2 menit cukup.
5. Balik ke sisi lainnya, diamkan dalam waktu yang sama
6. Angkat dan biarkan daging istirahat. Bagian istirahat alias resting penting banget dalam pengolahan daging. Gunanya, supaya juice dari dagingnya stay di dalam dan hasilnya daging bisa lebih empuk.
7. Daging kamu siap dinikmati pake saus favorit kamu!


FOR THE SIDE DISH :
Aku pilih creamed spinach, kenapa? Karena dengan adanya bayam, akan membantu penyerapan zat besi yang ada pada daging. Jadi satu yang mesti diinget, pasti selalu ada manfaat kenapa perlu adanya komponen tertentu di setiap makanan yang kita makan. Misalkan, pada salad kenapa harus pake salad oil (minyak zaitun misalnya), karena mempermudah penyerapan nutrisi dari si komponen-komponen yang ada di salad tersebut. Kalo mau dapet manfaat total dari makan suatu makanan, we have to eat them right! ;)


Bahan yang dibutuhkan :
1. 2 ikat bayam
2. Bawang bombay
3. Bawang putih
4. Fresh cream/cooking cream
5. Salt & pepper
6. Butter untuk menumis

Cara membuat :
1. Tumis bawang bombay sampai setengah transparan
2. Masukan bawang putih, tumis sampai harum
3. Masukan bayam yang sudah dicuci dan dipotong batangnya (supaya nggak terlalu panjang)
4. Masak sampai agak layu
5. Masukan fresh cream secukupnya
6. Salt & pepper sesuai selera


Selain itu, dari segi karbohidratnya, aku bikin roast potato and sweet potato. Ternyata aku sukaaaa banget ubi dipanggang kayak gini. Gampang banget, cuma potong kentang dan ubi sampai menjadi chunk seperti ini, tambahkan olive oil, garam, blackpepper dan fresh rosemary. Panggang di 200 derajat celcius sekitar 30-45 menit. Makin tebal potongan kamu, makin lama panggangnya. :)

 


So that's it! Gampang kan? Kalo kamu suka resep ini, boleh coba masak atau share ke orang-orang tercinta buat coba masak bareng! dan kalau kamu bingung gimana milih daging yang OK? Serahkan aja ke ahlinya, langsung pesen ke Cutlets Meat just like i did. :D


Karena semua orang bisa masak, and you will always have good time with food. Salam Moinmoin!

Follow juga yuk, social media Moinblog! 



You Might Also Like

1 comments

  1. mba ven mas dit, kalo masak bayamnya diganti susu biasa bisa ga? kaya susu beruang gt? terus kan oven aku rusak, kalo masak kentang dan ubinya bisa pake cara lain ga? hehehe thank you

    ReplyDelete

Do you have anything to share? Write the comment down below :)