A blog about FOOD, Travel, Friendship, and Life

Why We Should Take a Break?

By Thursday, November 26, 2015 , ,


Moin!

It's break time! Ada berapa dari kamu yang kalau udah kerja atau ngerjain tugas pasti suka lupa waktu, apalagi lupa istirahat? Yep, everyday is a busy day. Mungkin kamu merasa banyak hal penting yang harus kamu lakukan sampai rasanya luangin waktu buat diri sendiri aja susah banget. Ujung-ujungnya, kepala dan otak terus-terusan di-push dan yang ada otot terasa tegang! Bukan, kali ini aku bukan mau bahas balsem anti nyeri otot, tapi aku mau sharing apa sih pentingnya beristirahat?

1. Terhindar dari BOSAN dan LEBIH fokus!
Fokus kepada 1 hal dalam waktu yang lama sebenarnya bukan keahlian otak kita. Menurut penelitian, dengan kita istirahat sejenak justru malah membantu meningkatkan fokus dalam menghadapi suatu hal.

2. Solve New Problem
Otak kita terdiri dari 2 mode, focused mode & difusse mode. Diffuse mode itu saat kita merasa santai, otak kita juga nggak terlalu keras berpikir. Jangan salah, otak kita pun juga bekerja dengan baik saat diffuse mode, bahkan bisa memecahkan masalah yang menurut kita nggak bisa diselesaikan dengan cara biasa. Makanya nggak heran kalau kita suka nemu solusi saat "nongkrong" di WC, atau pas lagi mandi. Hihi *diffuse mode : ON!*

3. Evaluasi Diri
Saat kerja terus menerus, kita malah lebih mudah kehilangan fokus. Lebih baik, tenangkan pikiran kamu, santai aja, dan biarkan throw back, apa aja yang ingin kau capai, udah sampe mana, udah bener apa belom nih jalannya. Give time for yourself to think.

Hmm.. Tapi kenapa ya, kalo kita istirahat tuh rasanya bersalah banget? Ngabisin waktu!

Pasti kamu ngerasa, daripada dibuang leyeh-leyeh, mending cepetan selesein deadline deh. Padahal faktanya, mereka yang kurang istirahat biasanya kurang efisien, gampang bikin kesalahan, dan nggak bener-bener "megang" apa yang kita lakuin sekarang.

Ada 3 cara paling gampang supaya kamu bisa lebih menikmati waktu istirahat kamu :

1. Jalan-Jalan di Sekitar
Dengan jalan-jalan sekitar 20 menit aja, dapat melancarkan aliran darah di otak yang dapat meningkatkan pikiran kreatif kamu, meningkatkan memori kamu, dan kognitif kamu. Jalan ke taman sekitar, liat yang ijo-ijo, pasti seger deh!



2. Quick Nap
Tidur siang sekitar 10 menit dapat meningkatkan fungsi otak, merasa lebih bahagia, dan mengurangi rasa ngantuk. Quick nap ini seperti reset button aja buat otak kita. Duh, kebayang bantal empuk!



3. MAKAN!
My favorite part of the tips! Aku bakal jelasin lebih panjang di poin ini. Makan apa ya enaknya? Makan makanan favorit kamu terutama yang bisa meningkatkan kinerja otak kita seperti : ikan, buah-buahan, kacang-kacangan dan coklat! What about ice cream? OMG, jujur aja ini kelemahanku sekaligus mood booster hehe. Setiap lagi stress, atau bad mood, jujur aja aku larinya ke es krim haha. Sekalian aku mau tulis tentang es krim yang aku coba baru-baru ini. Pernah liat ini?




LUCU BANGET YAA!

Ini varian es krim baru dari Walls, namanya Walls Ice Cream Sandwich. Es krimnya rasa vanilla dan coklat, dan ada dua biskuit lembutnya! Yang bikin unik, es krim ini di bagian atasnya ada komiknya, bahasa Indonesia pula! Salut deh, bisa dukung komikus Indonesia juga! Dan... Kayaknya es krim ini bukan es krim biasa, karena 1 bungkus aja aku makan udah ngerasa kenyaaang! Rasanya? Jangan ditanya kalau produk Walls lah ya, aku sampe sekarang belum nemu yang nggak enak hahaha.


Ada dari kalian yang udah pernah coba? Aku bikin videonya juga di instagram saat baru buka produknya, you should check it out!  
Jadi kesimpulannya, jangan takut buat take a break from your daily activity. Love your self, pick the best way to take a break! Makan es krim misalnya, kayak aku :P Share yuk, apa kegiatan istirahat favorit kalian?

Salam Moinmoin!

Sumber :
1
2
3

You Might Also Like

1 comments

Do you have anything to share? Write the comment down below :)