A blog about FOOD, Travel, Friendship, and Life

Ayam Goreng Super Crispy Moin!!

By Sunday, October 01, 2017 ,







Hallo semua!!
Gak nyangka yah antusiasme kalian ternyata gede banget sama ayam goreng yang Masdit sempet post di Instagram story beberapa waktu lalu.

Jadi ceritanya resep ini adalah pengembangan dari ayam goreng yang biasa Masdit bikin pas di Jerman. Tapi berhubung bahan-bahan kayak butter milk, oregano, bawang putih bubuk,dll, susah dicari di warung jadi bahannya Masdit sesuaikan dengan yang ada di indonesia.

Langsung aja resepnya ya!


Bahan utama:
  1. 1 kg ayam bagian paha atas dan paha bawah (tusuk-tusuk dengan pisau)
  2. 5 siung bawang putih (haluskan)
  3. 1 sendok teh lada butiran (haluskan)
  4. Garam halus sejumput
  5. Minyak untuk menggoreng ( gak perlu sampe deep fried kok gorengnya) 
Bahan celupan cair:
  1. 1 sdm susu bubuk
  2. 60 gram tepung maizena
  3. 300 gram tepung terigu protein tinggi (perbandingannya 1:5 dengan tepung maizena)
  4. 300 ml air es ( bisa juga pakai 200 ml air biasa dan beberapa buah es batu)
  5. 1/2 sendok makan baking soda
  6. 1 buah telur
Bahan lapisan kering:
  1. 100 gram tepung maizena
  2. 400 gram tepung terigu ( perbandingannya 1:4 ya guys)
  3. 1/2 sendok teh baking soda
  4. 1 sendok teh garam
  5. 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
  6. bisa juga pakai boncabe kalau mau pedes
Cara membuat:
  1. Bahan celupan cair: Campur semua bahan kering ( susu bubuk, maizena, tepung terigu, baking soda, garam), lalu masukkan air es, secara perlahan sambil diaduk, masukkan telur. Setelah tercampur rata, masukkan bawang putih, lada, dan potongan ayam. Diamkan di lemari es 30 menit atau lebih bagus lagi semalaman.
  2. Bahan lapisan kering: Campur rata semua bahan pelapis kering, taruh dalam wadah.
  3. Panaskan minyak dengan api kecil-sedang. Keluarkan potongan ayam dari celupan cair.
  4. Gulingkan kedalam adonan kering.sambil diremas-remas (Lakukan 2 kali kalau kamu mau banyak crispynya), goyang sedikit ayamnya sebelum digoreng agar sisa tepungnya jatuh dan tidak membuat minyak cepat hitam.
  5. Goreng dengan api kecil-sedang, dang ketika satu sisi sudah setengah matang, balik.
  6. Goreng sampai kedua sisi emas kecoklatan.
  7. Notes penting: Gorengnya harus sabar ya kalau mau dalemnya mateng, karena kalau adonan crispynya terlalu tebal, butuh waktu ekstra buat menggorengnya. Atau kalian juga bisa mengkukus ayamnya terlebih dahulu, lalu didinginkan sebelum digoreng kalau mau memastikan bagian dalam ayam benar-benar matang.
  8. Angkat ayamnya, tiriskan. Sajikan dengan saus sambal dan nasi panas!
Selamat mencoba guys!
Gampang kan? Jangan lupa Tag Moin kalau kalian udah bikin ya. Nanti akan masdit like dan komen!

Karena semua orang bisa masak and you will always have a good time with Food!
Salam Moinmoin!

Bonus:



You Might Also Like

7 comments

  1. Masdit, ayamnya ikut didiamin semalaman di dalam bahan celup cair atau dicelupin waktu mau goreng aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditaruh semaleman sama bumbu celupnya Nindya, biar bawang putih sama lada-nya ngeresep. Makanya awalnya ayamnya ditusuk-tusuk :)

      Delete
  2. masdit itu perlu deep fry gak pas gorengnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak perlu kok, kalau aku minyaknya yang penting nge cover setengah ayamnya, trus apinya kecil-sedang ya biar mateng.

      Delete
  3. Masdit, kalo pake oregano itu dimasukin ke bahan utama, Celupan cair atau lapisan kering?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oregano biasanya aku kasih dikit di bumbu celupan, yang agak banyak di lapisan kering sih biar pas digoreng jadi wangi :)

      Delete
  4. Masdit, kalau tepung terigunya enggak berprotein tinggi bisa kah? :""

    ReplyDelete

Do you have anything to share? Write the comment down below :)